Ciri-ciri Orang Bertaqwa

Khatbah Jum’at tanggal 8 Juni 2012 mengambil tema “ciri-ciri orang bertaqwa”. Allah menyediakan bagi orang bertaqwa surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Orang yang taqwa adalah orang yang beriman kepada Allah swt dan apa-apa yang diturunkan-Nya dan beramal shaleh dengan ikhlas hanya semata karena Allah swt. Tidak seorang muslimpun yang berani menentukan dirinya itu bertqwa, hanya Allah swt yang mampu menilai ketaqwaan seorang manusia. Namun ada beberapa ciri yang melekat pada diri seorang yang bertaqwa. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1) suka berinfak dengan apa yang dimilikinya. Infak tidak hanya berupa harta tapi bisa pula dengan perilaku, seperti senyum, membuang duri di jalan dll. Infak sesuai dengan kemampuannya, dan perintah berinfak itu ditujukan bagi semua muslim, baik miskin maupun kaya, baik dalam keadaan lapang maupun sempit.

2) mampu menahan hawa amarah. Allah memerintahkan kepada setiap muslim untuk menahan amarah, karena amarah itu merupakan pintu menuju perbuatan keji.

3) suka memberi maaf kepada mereka yang berbuat salah dan dosa baik ketika mereka meminta maaf ataupun belum meminta maaf. Keikhlasan memberi maaf itu amat baik bagi diri sendiri.

4) segera bertaubat ketika berbuat dosa, meninggalkan perbuatan dosa itu dan beramal shaleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s