Nafsu

Khatbah Jum’at tanggal 22 Juni 2012 mengambil topik nafsu. Manusia dikaruniai nafsu. Dengan adanya nafsu manusia bisa berkembangbiak dan mempertahankan kehidupannya di bumi ini. Dengan nafsu manusia bisa mengembangkan teknologi untuk membantu mewujudkan kebutuhan manusia. Intinya, nafsu itu dibutuhkan oleh manusia. Nafsu manusia terdiri 3 tipe, yaitu nafsu amarah, nafsu lawwamah dan nafsu mutmainnah. Nafsu amarah adalah nafsu yang tidak terkendali, nafsu lawwamah adalah nafsu diantara kedua tipe nafsu, dan nafsu mutmainnah adalah nafsu yang tenang, nafus yang sudah terkendali.

Namun, pada kenyataannya banyak manusia yang terjebak dalam nafsu amarah, sehingga menimbulkan banyak kekacauan. Nafsu manusia tidak terbatas sampai ia mati. Nafsu yang tak terkendali ini akan banyak menimbulkan bencana, baik bagi diri sendiri maupun masyarakat.

Maka beruntunglah bagi seorang muslim yang mampu mengendalikan nafsunya. Ia menjadi tuannya nafsu, bukan sebaliknya. Nah, seorang muslim yang sudah mencapai mutmainnah itu dijanjikan oleh Allah swt surga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s