Pemimpin Idaman Umat

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh aku ingin menghadap ALLAH subhanahu wa ta’ala dan tidak seseorang pun yang menuntut (haknya) kepadaku, karena kezaliman (niscaya akan aku penuhi). Maka, siapa saja yang merasa hartanya pernah aku ambil (dengan cara zalim), inilah hartaku, ambilah. Dan siapa saja yang belakangnya pernah aku rotan (dengan cara zalim), ini belakangku, balaslah.” ungkapan baginda Nabi suatu ketika. Dan ketika ada seorang wanita mencuri, karena wanita itu merupakan wanita bangsawan, muncul tuntutan sekelompok orang supaya hukumannya digugurkan agar tidak menjatuhkan kewibawaannya. Dengan marah Nabi menjawab: “(Jangankan wanita ini) kalau saja Fatimah binti Muhammad mencuri, tentulah aku akan memotong tangannya.” (HR.Imam Ahmad, Muslim dan An-Nasa’i)

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Imam itu adalah perisai, yang akan menjadi pelindung bagi orang yang ada di belakangnya. Orang akan berperang dibawah komandonya.” (HR.Muslim)

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada tiga kelompok orang yang wajahnya tidak akan dilihat oleh ALLAH, …. (hingga sabda beliau)orang yang memilih dan mengangkat pemimpin, namun hanya karena keuntungan duniawi semata. Jika ia diberi (apa yang diperlukannya), maka ia akan menunaikan janjinya. Jika ia tidak memperolehinya, maka ia akan meninggalkannya.”  (HR Bukhari)

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sebaik-baik pemimpin kamu, adalah orang yang kamu cintai, mereka pun mencintai kamu. Kamu mendoakan mereka, mereka pun mendoakan kamu. Dan seburuk-buruk pemimpin kamu, adalah orang yang kamu benci dan mereka pun membenci kamu. Kamu melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kamu.” (HR.Muslim, Al-Baihaqi)

Kriteria Pemimpin Idaman

  1. 1.       Beriman pada Allah swt
  2. Adil
  3. Tauladan
  4. Tawadhu (rendah hati)
  5. Telaten
  6. Bertanggungjawab
  7. Teguh Pendirian, Tegas, Konsisten atau Istiqomah
  8. Mampu memposisikan diri kapan harus berani dan kapan harus takut
  9. Merakyat
  10. Pintar merasa
  11. Berhati nurani
  12. Pluralistis
  13. Mampu memimpin diri sendiri
  14. Berpengetahuan yang memadai
  15. Sederhana

Sumber Bacaan

1)     http://pintu-langit.blogspot.com/2008/11/5-kriteria-pemimpin-idaman.html

2)     http://www.facebook.com/notes/muwahid/pemimpin-idaman-ummat/175840385777286?comment_id=2153092&offset=0&total_comments=14

3)     http://www.suara-islam.com/read5021-Karakter-Pemimpin-Idaman.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s