Umat Terbaik

Khutbah Jum’at tanggal 2 Nopember 2012 mengambil topik ‘Umat Terbaik”. Umat terbaik difirmankan oleh Allah swt dalam surat Al Imron ayat 110 sebagai berikut:

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik (Al Imron: 110).

Dari ayat tersebut, ada 3 syarat untuk menjadi umat terbaik, yaitu: 1) menyuruh kepada yang ma’ruf; 2) mencegah dari yang munkar; 3) beriman kepada Allah. Sudahkah umat Islam mampu memenuhi syarat tersebut? Inilah yang menjadi problema saat ini.

Menyuruh kepada yang ma’ruf berarti menyuruh & menjalankan perbuatan-perbuatan yang baik sesuai dengan tuntunan Allah & RasulNya. Berbuat baik kepada masyarakat, orangtua, lingkungan dll. Mencegah dari yang munkar berarti mencegah dan tidak melakukan perbuatan keji dan jahat kepada semua makhluk Allah. Mencegah manipulasi, mencegah korupsi, mencegah gratifikasi dan perbuatan buruk lainnya. Amar ma’ruf nahi munkar itu harus dilatarbelakangi dengan iman yang teguh kepada Allah swt dan kepada apa-apa yang diwahyukan oleh Allah swt.

Untuk bisa melakukan amar ma’ruf nahi munkar, seorang muslim harus mempunyai sifat-sifat terpuji seperti  sidiq (jujur), amanah, adil, menyampaikan kebenaran (tablik) istiqamah (konsisten) dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s