MEMBANGUN KARAKTER SECARA QUR’ANI

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Ibnu Sina, dalam kitabnya “as-Siyasah”, menekankan kaum muslimin seharusnya mempersiapkan fisikal dan mental anak yang dimulakan dengan pengajaran al-Qur’an. Imam al-Ghazali dalam Ihyanya pula mewasiatkan pengajaran al-Qur’an, hadis dan cerita orang-orang shaleh kepada anak-anak.

Dapat ditegaskan bahwa pendidikan karakter di atas merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan yang berpedoman pada al-Qur’an.

Berikut sajian power point dari Dr. Zubaedi yang dipresentasikan pada kajian kolaborasi Masjid Darussalam Perumnas Unib tanggal 4 Nopember 2012.

Membangun Karakter Secara Qur’ani

Hal yang paling  fundamental yang harus diajarkan kepada anak-anak & remaja  oleh orangtua tercantum dalam SQ Luqman ayat 13, yaitu tauhid dan aqidah.

“Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada puteranya di waktu ia memberi pelajarankepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah merupakan kedzaliman yang besar.”

Jika karakter seorang muslim diibaratkan pohon, maka iman adalah akarnya dan akhlaq adalah buahnya. Segala amal baik dan segala akhlaq baik akan sia-sia di sisi Allah jika tidak didasarkan kepada iman. Rasulullah membangun dan menginternalisasikan tauhid dan aqidah selama 13 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s