Reaksi Kimia Ketika Bohong

Cortisol dan norepinephrine dikenal sebagai hormon stres. Cortisol diproduksi ketika  konsentrasi adrenalin meningkat. Hal ini menyebabkan meningkatnnya daya tahan tubuh dan membuat seseorang lebih waspada dalam menghadapi krisis atau bahaya.

Hormon cortisol  berfungsi menjaga sistem metabolisme seperti misalnya metabolisme glukose, dan norepinephrine dipercayaberperan penting dalam ADHD sebagaimana depresi dan hipertensi.

Hormon stress beraksi dengan cara memobilisasi energi dari tempat penyimpanan (hati, berupa glikogen)  ke otot, memacu kerja jantung, tekanan darah dan laju pernafasan dan menurunkan proses metabolisme seperti pencernaan, reproduksi, pertumbuhan dan imunitas.

Stress yang konstan menyebabkan pelepasan kontinyu dari berbagai hormon stress yang dapat menyebabkan:

  • penurunan penyimpanan energi
  • hipertensi yang dipicu oleh stress
  • pengaruh proses metabolisme
  • ulcers (pencernaan)
  • menghambat pertumbuhan
  • penurunan konsentrasi testoteron pada laki-laki dan siklus menstriasi yang tak teratur.
  • meningkatkan penyakit infeksi.

Tubuh memproduksi cortisol lebih banyak pada waktu pagi dari pada malam hari. Terlalu banyak jumlah cortisol dalam tubuh dapat menyebabkan sulit tidur, imunitas tubuh menurun, gula dalam darah tidak normal bahkan membuat berat badan naik.

Ketika konsentrasi  cortisol meningkat, hormon tersebut merangsang tubuh untuk makan sesuatu yang berkalori tinggi – hal ini merupakan sebuah respon alami tubuh dalam menghadapi bahaya, namun hal yang sama juga terjadi saat Anda tertekan karena kuatir bagaimana membayar tagihan.  Hormon ini juga akan meningkat ketika Anda berbohong. Tubuh merespon hal-hal tersebut  dengan memproduksi oortisol saat adrenalin tersangsang naik. Misalnya ketika Anda  melakukan olahraga ekstrim atau melakukan penerbangan. Untuk mengendalikan cortisol Anda bisa melakukan hal yang berlawanan, yaitu dengan relaksasi

sumber: 1) http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/68/news/090223101334/limit/0/Cartisol-Si-Hormon-Stres-Baik-Atau-Jahat.html): 2) http://en.wikipedia.org/wiki/Stress_hormone

Berikut sajian kajian subuh mengenai reaksi tubuh ketika Anda bohong!

REAKSI KIMIA TUBUH SAAT BERBOHONG

VIDEO

VIDEO LAGI

ADRENALINE ACTION

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s